Halaman

Rabu, 30 Maret 2011

Aku ingin


Aku ingin kau yang akan menjadi pendamping hidupku hingga tutup usiaku.
terus terang, aku benar-benar cinta dan sayang padamu. Aku tak ingin kau pergi dari hidup dan hatiku.
Mungkin ini terkesan lebay atau berlebihan, tapi itulah kenyataan yg aku rasakan saat ini.
Sejak kuputuskan dan ku yakinkan hati ini bahwa kaulah pelabuhan hatiku, sejak saat itulah engkau pelabuhan terakhir bagi hatiku.

teruntuk Putri Centil

Rabu, 23 Maret 2011

Ingin rasanya

Saat hujan turun,
ingin ku menjadi payung yg kan melindungi tubuhmu darinya..

bila malam tiba,
ingin rasanya ku menjadi bintang untuk menemani malammu yg gelap sepi.

Ingin rasanya ku menjadi selimut yang kan menghangatkan tidurmu.
Bila siang tiba,
ingin rasanya ku menjadi angin musim semi yang kan membuaimu hingga kau terelap dalam tidur.

Ingin rasanya ku menjadi langit yang kan menemani hari-harimu.
Ingin rasanya ku menjadi orang yang selalu ada di dekatmu ketika kau bersedih
seraya memeluk dan menghapus air matamu.




*teruntuk Putri Centil

Pendar-pendar cinta pelangi*

Pada angin ku sampaikan gelora segala kerinduan..
pada hujan ku titipkan segala rintik cinta..
pada cahaya rembulan telah ku cerminkan sinar muka
seakan bertatap wajahmu

Ditemani mentari,,
smoga kau semangat hari ini,,
menjemput pendar-pendar cinta pelangi...


*puisi ini dikirim padaku oleh Putri Centil

diskusi di fesbuk tentang keraton

Slama ini tdk ada prhatian pemerintah trhdp kraton sbg pninggalan sejaran dan aset bangsa.. Itu trbukti tdk ada peraturan atw kbijakan yg brkaitan dg plestarian kraton..pengakuan pun hny sbts non formal..

Pengecualian utk jogja krn d jogja sultan jg memegang jabatan sbg gubernur (pemerintahan formal).. Sy kasusnya d Cirebon

Sejarah pendirian kedua kraton ini juga berbeda. Kultur masyrkt jawa (kraton jogja) terbuntuk oleh budaya hindu-budha yg menganggap raja adalah wakil dewa shg ada istilah "sabda pandeta ratu" hal ini scr tidak langsung menjdikan kebudayaan ...kkratonan jogja bertahan.
Berbeda dg cirebon yg yg menganut kesultanan yang menempatkan raja dan rakyat seperti kiyai dan santri. Ketika seorang sultan kehilangan fungsiny (baca:kyai) maka msyrk (baca:santri) akan meninggalkanya. Hal ini scr tdk langsung akan mengikis habis kebudayaan kecerbonan dlm masyarakat crbn sdr krn k'hilangan panutan, bukan hanya oleh pemerintah.

Yoi betul. tp prsoalan pemerintah dg kraton adalah kewajiban. pmrnth daerah yg pny otoritas formal dan pny tngg jwb hrs mampu memelihara aset2 bangsa trsbut.. saat ini kraton beserta sultannya hny skdr symbol

Lebih tptnya simbol "kehilangan identitas" pemerintah sbg penjaga aset dan kraton sebagai penjaga budaya peran ini sama sekali tidak terlihat, terkesan masing rikeuh/serba salah. Pemerintah sejatinya adalah bagian dari masyarakt budaya jadi sangat picik jika sultan hanya dijadikan simbol seharusnya sultan harus diberikan forsi lebih.. Setahu saya kesultanan crbn terpecah, dan blm dtemukan titik temunya sampai skrg..

Yoi..pemerintah gmw jemput bola. Sdgkn pihak kraton hny menunggu.. . Klo soal perpecahan, sejak jaman penjajahan, kesultanan crbn trpecah jd 2, yaitu kasepuhan dan kanoman.slain itu ada 2 kraton lg yaitu kacirebonan dan kaprabonan. mungkin yg km maksud trpecah dan blm ada titik temu itu adlh kasus suksesi tahta d kraton kanoman bbrp taun lalu.. klo dlm hal ini, pemerintah emg gbs campur tangan krn itu urusan intern kluarga kraton...

Salah satu bentuk ketidaksiapan kraton menjadi penjaga budaya

Klo soal prpecahan, jauh sblm republik ini trbentuk, konstelasi politik kraton sllu d warnai perebutan tahta dan warisan. . .tp klo dlu msh bisa eksis..klo skrg kraton tak punya aktifitas sosial politik. tp hny sbatas menjaga tradisi dan seremonial. olh krn itu, tnp dukungan penuh dr pemerintah selaku pemimpin formal yg pny wewenang dan otoritas, mka eksistensi kraton akan sulit d prtahankan

Menurukku budaya bisa merupakan aktifitas politik yg mempengaruhi kebijakan pemerintah terhadap kraton. Contohnya jogja ketika pemerintah meninjau kembali kekuasaan sultan masyarakat jogja pun bersuara menentangnya. Hal ini tidak mungkin terjadi jika masyrakat jogja tdk menghormati kraton, tidak terkecuali crbn dan yg lainya.

Nah utk masalah ini perlu d pisahkan konteks historisnya. msyrkt jogja bgtu mengagungkan sultan beserta perangkat kratonnya krn d sana masyarakat lbh mengenal pemerintah ya hanya sultan..krn dr dlu jogja mrupakan daerah istimewa sejak d kluarkannya staatsblad taun 1941 yg mrupakan lang contract,pny hak mngatur rmh tgga sndri dan pemerintahan formal d pegang oleh sultan yg jg sbg pamengku adat.. klo daerah lain, ga mengenal sistem itu. Jd msyrkt menilai bhw kraton bserta org2 d dalamnya adlh sbuah entitas yg trpisah.. d crb hnya brupa vorte velklaring yg hny prnytaan pendek dr belanda, shg kasultanan crb g pny wewenang lebih sejak dahulu.

Maksud sy budaya murupakan kebiasaan masyarakat yg lahir sebelum adaya sistem pemerintahan (baca:kraton) bukan diciptakan kraton artinya kraton dari dulu sudah menempatkan posisinya sbg penjaga budaya sekaligus penguasa formal sprti yg mas... katakan. Fungsi penjaga budaya disini adlah kraton menjaga kebiasaan2 masyarakat menjadi menjadi jatidiri identitas daerah kekuasaan budaya'nya. Sedangkan fungsi formalnya adalah krajaan menggunakan budaya'nya sbgai diplomasi politik dlm meyakinkan budaya'ya agar bisa diterima oleh yg lain shngga kekuasaanya semakin besar, seperti yg dilakukan majapahit melalui gajah mada. Jadi tdk menjadi penting kraton crbn tdk memegang kekuasaan formal/tidak untk melakukan aktifitas politik budaya masyarakatnya untk meraih posisi tawar pd pemerintah. Semisal kraton solo, minang, dan kutai yg memiliki posisi tawar tinggi trhdp pemerintah tnp memegang kekuasaan formal bahkan suku badui (notabene:kekuasaan adat) memiliki posisi tawar lebih baik dibanding crbn.

Jumat, 04 Maret 2011

sebuah buku harian putri centil

Ga sengaja waktu aku membuka laptop putri centil, ku temukan file yg membuatku penasaran. Ku buka file itu.Ku baca judulnya 11 maret dan satu file lg aku lupa judulnya.

Ternyata itu adalah curhatan putri centil. Ku baca kisahnya. itu adalah kisah cintanya bersama mantannya. Tak terasa mataku brkaca-kaca membaca kisahnya. cukup memilukan.

Kisah cintanya selama 3 tahun akhirnya berujung luka yg sangat pedih. Dia telah menyimpan kepedihannya sejak lama. kurang lebih di tahun kedua,dia mulai merasakan derita. Cowonya pernah menyukai teman dekatnya, dan itu dikatakan langsung dihadapan putri centil.
Bahkan, pernah ketauan kalau cowonya sempat berpacaran, tapi cowonya ga mau diputusin. Menurutnya, cowonya adalah tipe orang yg otoriter, suka memaksa, bahkan nekat dan kasar. Pernah suatu hari cwowonya menamparnya.Padahal jelas jelas cwo'a yg salah.

Akhirnya kisah cintanya brakhir tgl 11 maret 2010. Namun semenjak putus, cowonya ga trima. ia msh ingin menjalin hubungan. akhirnya dijalani hubungan tanpa status. katanya, ia akan membuktikan bahwa ia akan memperbaiki sikapnya agar putri centil mau menerimanya kembali.

Setelah beberapa bulan menjalani HTS, tidak ada perubahan sikap. hanya janji kosong yg diberikan. Hingga pada akhrnya pd akhir november mereka benar2 putus, dan ga ada kesempatan lagi.

di akhir ceritanya, putri centil menulis puisi begini :

dulu aq selalu diam dg smua sikapmu.
kau selalu pergi setelah sakiti aku.
ku pendam semua sedih.
ku menangiskan sendiri.
semua yg ku lakukan selalu salah di depanmu.

kini ku pergi,
jgn tahan diriku,
aku tak tahan lg menghadapi dirimu.
bukan aku brlari,
hanya ingin sendiri.
kamu bukan untukku,
aku bukan untukmu.

mungkin bila aku pergi,
kamu akn mengerti.
aku manusia biasa yg mempunyai hati.
sebenarnya aku sakit meninggalkan dirimu.
tapi aku lebih sakit bila harus bersama kamu.



itulah sepenggal kisah masa lalunya. aku jd tak tega utk membacanya. aku akan berusaha menjadi pengobat luka traumanya.
dia udah mempercayakanku sebagai orang yang mampu membahagiakannya dan mampu jd pelipur lara.

aku sayang kamu wahai putri centil...


"pangeran tengil"